Healthy Life

Minggu, 21 Februari 2016

PENILAIAN ANAK (PAUD)

P E N I L A I A N

1.       Pengertian

Penilaian adalah suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, menyeluruh, tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui kegiatan pembelajaran.


2.       Tujuan Penilaian

Tujuan penilaian adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik selama mengikuti pendidikan TK.


3.       Fungsi Penilaian

1.  Memberikan umpan balik kepada guru untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran.
2.      Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk melakukan kegiatan bimbingan terhadap anak didik agar fisik maupun psikisnya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal
3.    Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk menempatkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
4.  Memberikan informasi kepada orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak sebagai bentuk pertanggungjawaban TK.
5.        Sebagai informasi bagi orang tua untuk melaksanakan pendidikan keluarga yang sesuai dan terpadu dengan proses pembelajaran TK.
6.   Sebagai bahan masukan bagi berbagai pihak dalam rangka pembinaan selanjutnya terhadap anak didik.


4.       Ruang Lingkup Penilaian

Penilain mencakup dua bidang pengembangan , sebagai berikut:

o   Bidang pengembangan pembiasaan meliputi nilai-nilai agama, moral, sosial-emosional dan kemandirian.
o   Bidang pengembangan kemampuan dasar meliputi kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni.

Hymne Balikpapan

Lirik Hymne Balikpapan 

*
Anugerah yang Kau berikan 
Pada kami Kota Balikpapan 
Terbentang Indah dan Menawan
Antara Hutan Bukit dan Lautan

**
Rasa syukur kami panjatkan 
untukmu Tuhan Yang Maha Esa 
Membangun kota tercinta 
Bersih Indah Aman dan Nyaman

***
Balikpapan
Balikpapan 
Ku Bangun Ku Jaga Ku Bela

****
Balikpapan 
Balikpapan 
Terima kasih Tuhan Tercinta 

 ( Kembali ke ** )                                                 

Kompetensi Dasar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak

                   
                                                            KOMPETENSI DASAR

TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK

KELOMPOK BERMAIN 


Tingkat Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 2  –  <3 Tahun

Lingkup Perkembangan

Tingkat Pencapaian Perkembangan 2    <3 tahun
I.  Nilai-nilai Agama dan Moral
Merespons hal-hal yang terkait dengan nilai agama dan moral.


1.  Mulai meniru gerakan berdoa/sembahyang sesuai dengan agamanya.
2.  Mulai meniru doa pendek sesuai dengan agamanya.
3.  Mulai memahami kapan mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
II. Motorik
A.Motorik Kasar

1. Berjalan sambil berjinjit.
2. Melompat ke depan dan ke belakang dengan dua kaki.
3. Melempar dan menangkap bola.
4. Menari mengikuti irama.
5. Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi/rendah dengan berpegangan.
B.Motorik Halus
1. Meremas kertas atau kain dengan menggerakkan lima jari.
2. Melipat kertas meskipun belum rapi/lurus.
3. Menggunting kertas tanpa pola.
4. Koordinasi jari tangan cukup baik untuk memegang benda pipih seperti sikat gigi, sendok.
III. Kognitif
A.  Mengenal pengetahuan umum.


1.  Menyebut bagian-bagian suatu gambar seperti gambar wajah orang, mobil, binatang, dsb.
2.  Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian).

B.Mengenal konsep ukuran, bentuk, dan pola
1. Memahami konsep ukuran (besar-kecil, panjang-pendek).
2. Mengenal tiga macam bentuk
(     ,       ,   ).
3. Mulai mengenal pola.
IV. Bahasa
A.     Menerima Bahasa



1.  Hafal beberapa lagu anak sederhana.
2.  Memahami cerita/dongeng sederhana.
3.  Memahami perintah sederhana seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan dari dalam kotak.

B.    Mengungkapkan Bahasa.
1.  Menggunakan kata tanya dengan tepat (apa, siapa, bagaimana, mengapa, dimana).
V.  Sosial-Emosional
Mampu mengendalikan emosi


1.  Mulai bisa mengungkapkan ketika ingin  buang air kecil dan buang air besar.
2.  Mulai memahami hak orang lain (harus antri, menunggu giliran).
3.  Mulai menunjukkan sikap berbagi, membantu, bekerja bersama.
4.  Menyatakan perasaan terhadap anak lain (suka dengan teman karena baik hati, tidak suka karena nakal, dsb.).
5.  Berbagi peran dalam suatu permainan (menjadi dokter, perawat, pasien penjaga toko atau pembeli).