Prinsip-prinsip Pendidikan Anak Usia Dini
ü
Berorientasi
pada kebutuhan anak
Kegiatan pembelajaran pada anak harus
senantiasa berorientasi kepada kebutuhan anak. Anak Usia Dini adalah anak yang
sedang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua
aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun psikis yaitu
intelektual,bahasa,motorik,dan sosio emosional.
ü
Belajar
melalui bermain
Bermain merupakan sarana belajar bagi anak
usia dini. Melalui bermain anak diajak untuk
bereksplorasi,menemukan,memanfaatkan,dan mengambil kesimpulan mengenai benda
disekitarnya.
ü
Menggunakan
lingkungan yang kondusif
Lingkungan harus diciptakan sedemikian rupa
sehingga menarik dan menyenangkan dengan memperhatikan keamanan serta
kenyamanan yang dapat mendukung kegiatan belajar melalui bermain.
ü
Menggunakan
pembelajaran terpadu
Pembelajaran pada anak usia dini harus
menggunakan konsep pembelajaran terpadu yang dilakukan melalui tema. Tema yang
dibangun harus menarik dan dapat membangkitkan minat anak dan bersifat
kontekstual. Hal ini dimaksudkan agar anak mampu mengenal berbagai konsep
secara mudah dan jelas sehingga pembelajaran menjadi mudah dan bermakna bagi
anak.
ü
Mengembangkan
kecakapan hidup
Mengembangkan keterampilan hidup dapat
dilakukan melalui berbagi proses pembiasaan. Hal ini dimaksudkan agar anak
belajar untuk menolong diri sendiri,mandiri dan bertanggungjawab serta memiliki
disiplin diri.
ü
Menggunakan
berbagai media edukatif dan sumber belajar
Media dan sumber belajar pembelajaran dapat
berasal dari lingkungan alam sekitar atau bahan-bahan yang sengaja disiapkan oleh
pendidik/guru.
Pembelajaran bagi anak usia dini hendaknya dilakukan secara
bertahap,dimulai dari konsep yang sederhana dan dekat dengan anak.