KOMPETENSI DASAR
TINGKAT PENCAPAIAN
PERKEMBANGAN ANAK
KELOMPOK BERMAIN
Tingkat Pencapaian
Perkembangan Kelompok Usia 2 – <3 Tahun
Lingkup
Perkembangan
|
||
Tingkat Pencapaian Perkembangan 2
– <3 tahun
|
||
I. Nilai-nilai
Agama
dan Moral
Merespons hal-hal yang terkait
dengan nilai agama dan moral.
|
1.
Mulai meniru gerakan berdoa/sembahyang sesuai dengan agamanya.
2.
Mulai meniru doa pendek sesuai dengan agamanya.
3.
Mulai memahami kapan mengucapkan salam, terima kasih,
maaf, dsb.
|
|
II. Motorik
A.Motorik
Kasar
|
1.
Berjalan sambil berjinjit.
2.
Melompat ke depan dan ke belakang dengan dua kaki.
3. Melempar dan menangkap bola.
4. Menari mengikuti irama.
5. Naik-turun tangga atau tempat yang
lebih tinggi/rendah dengan berpegangan.
|
|
B.Motorik Halus
|
1.
Meremas kertas atau kain dengan menggerakkan lima jari.
2.
Melipat kertas meskipun belum rapi/lurus.
3.
Menggunting
kertas tanpa pola.
4.
Koordinasi jari tangan cukup baik untuk memegang benda
pipih seperti sikat gigi, sendok.
|
|
III. Kognitif
A. Mengenal pengetahuan umum.
|
1.
Menyebut bagian-bagian suatu gambar seperti gambar
wajah orang, mobil, binatang, dsb.
2. Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian).
|
|
B.Mengenal
konsep ukuran, bentuk, dan pola
|
1.
Memahami konsep ukuran (besar-kecil, panjang-pendek).
2. Mengenal tiga macam bentuk
![]() ![]() ![]()
3. Mulai mengenal pola.
|
|
IV. Bahasa
A.
Menerima
Bahasa
|
1. Hafal beberapa lagu anak sederhana.
2. Memahami cerita/dongeng sederhana.
3. Memahami
perintah sederhana seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan dari
dalam kotak.
|
|
B.
Mengungkapkan
Bahasa.
|
1. Menggunakan kata tanya dengan tepat
(apa, siapa, bagaimana, mengapa, dimana).
|
|
V. Sosial-Emosional
Mampu mengendalikan emosi
|
1. Mulai bisa mengungkapkan ketika
ingin buang air kecil dan buang air
besar.
2. Mulai memahami hak orang lain (harus
antri, menunggu giliran).
3. Mulai menunjukkan sikap berbagi,
membantu, bekerja bersama.
4.
Menyatakan perasaan terhadap anak lain (suka dengan
teman karena baik hati, tidak suka karena nakal, dsb.).
5.
Berbagi peran dalam suatu permainan (menjadi dokter,
perawat, pasien penjaga toko atau pembeli).
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar