Healthy Life

Sabtu, 27 Juni 2015

Main Pembangunan



Main pembangunan menunjukkan kemampuan anak untuk menghadirkan pikirannya menjadi sebuah karya nyata. Saat anak menghadirkan dunia mereka melalui main pembangunan mereka ada di posisi tengah antara main dan kecerdasan menampilkan kembali (merefleksikan). 
Kesempatan main pembangunan membantu anak untuk mengembangkan keterampilan koordinasi motorik halus, berkembangnya kognisi ke arah berpikir operasional, membangun rasa percaya diri anak, sehingga hasil karya mereka menjadi semakin nyata. Keterampilan ini akan mendukung keberhasilan sekolah dikemudian hari (Teori Piaget).

2 Jenis Main Pembangunan

1.      Main Pembangunan Cair : bahan-bahannya dapat dirubah rubah sehingga hasilnya ditentukan oleh anak sendiri.
2.      Main Pembangunan Terstruktur : Bahan mainnya sudah mempunyai bentuk tersendiri, anak hanya bisa membangun atau menyusun menyesuaikan bentuk awal.

Bahan untuk Main

*      Bahan main pembangunan dapat menggunakan dari yang paling cair, seperti air,ke yang paling terstruktur,seperti puzzle atau balok.
*      Cat, Krayon, spidol, playdough, air dan pasir dianggap sebagai bahan main pembangunan sifat cair atau bahan alam.

Contoh Kegiatan Main Pembangunan Cair

*      Menggambar
*      Melukis
*      Finger Painting
*      Bermain Adonan (Playdough,tanah lempung)
*      Membuat aneka bentuk dari pasir
*      Menggunting aneka bentuk,bisa mengikuti pola atau membuat pola tersendiri.

Contoh Main Terstruktur

*      Meronce
*      Menyusun Kardus
*      Main Puzzle
*      Main Lego
*      Main Balok Unit
*      Membuat benda/bangunan dari aneka geometri
*      Merancang bangunan 3 dimensi (menggunakan bornimago).

Mengelola Kegiatan Main Pembangunan
1.      Pijakan Lingkungan

§  Menata tempat main dengan bahan-bahan yang cukup dan beragam
§  Memiliki berbagai bahan yang mendukung pengenalan keaksaraan (Buku bacaan, kertas, alat tulis, gunting, lem, stapler)
§  Menata kesempatan main untuk mendukung hubungan sosial yang positif.

2.      Pijakan Sebelum Main

§  Membaca/bercerita dengan menggunakan buku yang berkaitan dengan tema
§  Memberikan gagasan bagaimana menggunakan bahan-bahan
§  Mendiskusikan aturan dan harapan untuk pengalaman main
§  Menjelaskan rangkaian waktu main
ü  Menentukan bahan main yang akan dipilih
ü  Bermain
ü  Melaporkan hasil yang sudah dikerjakan
ü  Membereskan kembali bahan main
ü  Memilih bahan main lainnya.

3.      Pijakan Selama Main

§  Memberikan anak waktu untuk bermain ( 1 jam )
§  Mengembangkan dan memperluas bahasa anak
§  Meningkatkan kemampuan sosialisasi melalui dukungan pada hubungan teman sebaya
§  Mengamati dan mencatat perkembangan dan kemajuan main anak

4.      Pijakan Setelah Main

§  Merangsang anak untuk mengingat kembali pengalaman main dan saling menceritakan pengalaman mainnya.
§  Membereskan bahan dan hasil main dengan cara mengelompokkan,mengurutkan bahan main secara tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar