Main pembangunan menunjukkan kemampuan anak untuk menghadirkan pikirannya menjadi sebuah karya nyata. Saat anak menghadirkan dunia mereka melalui main pembangunan mereka ada di posisi tengah antara main dan kecerdasan menampilkan kembali (merefleksikan).
Kesempatan main pembangunan membantu anak untuk mengembangkan keterampilan koordinasi motorik halus, berkembangnya kognisi ke arah berpikir operasional, membangun rasa percaya diri anak, sehingga hasil karya mereka menjadi semakin nyata. Keterampilan ini akan mendukung keberhasilan sekolah dikemudian hari (Teori Piaget).
2 Jenis Main Pembangunan
1.
Main
Pembangunan Cair : bahan-bahannya dapat dirubah rubah sehingga hasilnya
ditentukan oleh anak sendiri.
2.
Main
Pembangunan Terstruktur : Bahan mainnya sudah mempunyai bentuk tersendiri, anak
hanya bisa membangun atau menyusun menyesuaikan bentuk awal.
Bahan untuk Main


Contoh Kegiatan Main Pembangunan Cair






Contoh Main Terstruktur







Mengelola Kegiatan Main Pembangunan
1.
Pijakan Lingkungan
§ Menata tempat main
dengan bahan-bahan yang cukup dan beragam
§ Memiliki berbagai bahan
yang mendukung pengenalan keaksaraan (Buku bacaan, kertas, alat tulis, gunting,
lem, stapler)
§ Menata kesempatan main
untuk mendukung hubungan sosial yang positif.
2.
Pijakan Sebelum Main
§
Membaca/bercerita
dengan menggunakan buku yang berkaitan dengan tema
§
Memberikan
gagasan bagaimana menggunakan bahan-bahan
§
Mendiskusikan
aturan dan harapan untuk pengalaman main
§
Menjelaskan
rangkaian waktu main
ü
Menentukan
bahan main yang akan dipilih
ü
Bermain
ü
Melaporkan
hasil yang sudah dikerjakan
ü
Membereskan
kembali bahan main
ü
Memilih
bahan main lainnya.
3.
Pijakan Selama Main
§ Memberikan
anak waktu untuk bermain ( 1 jam )
§ Mengembangkan
dan memperluas bahasa anak
§ Meningkatkan
kemampuan sosialisasi melalui dukungan pada hubungan teman sebaya
§ Mengamati
dan mencatat perkembangan dan kemajuan main anak
4.
Pijakan Setelah Main
§ Merangsang
anak untuk mengingat kembali pengalaman main dan saling menceritakan pengalaman
mainnya.
§ Membereskan
bahan dan hasil main dengan cara mengelompokkan,mengurutkan bahan main secara
tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar